Bank Indonesia Potong Biaya Transaksi QRIS untuk Beli BBM

Bank Indonesia Potong Biaya Transaksi QRIS untuk Beli BBM

Bank Indonesia (BI) memberi diskon biaya transaksi kepada toko atau merchant (Merchant Discount Rate/MDR) untuk pembayaran biaya pendidikan dan pembelian bahan bakar minyak (BBM) menggunakan QR Code Indonesia Standard (QRIS). Sementara untuk pembayaran transaksi dalam rangka penyaluran bantuan sosial (bansos) bakal digratiskan dari pungutan MDR.

Gubernur BI Perry Warjiyo menyatakan bank sentral nasional dan para perusahaan penyelenggara jasa sistem pembayaran (PJSP) sepakat mengenakan biaya kepada merchant sebesar 0,7 persen per transaksi dalam sistem QRIS. Namun, keduanya sepakat memangkas biaya untuk kategori pembayaran tertentu dalam rangka meningkatkan transaksi pembayaran menggunakan QRIS.

Untuk pembayaran biaya pendidikan, tarif MDR yang dikenakan hanya sebesar 0,6 persen. Sementara untuk pembelian BBM di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) hanya 0,4 persen. Sedangkan untuk penyaluran bansos dan donasi nol persen alias gratis.

Selain itu, kebijakan ini juga diambil untuk mendorong inklusi keuangan kepada masyarakat. Inklusi keuangan merupakan tingkat penggunaan instrumen keuangan oleh masyarakat.

Ia meyakini diskon biaya transaksi kepada merchant bisa membuat penggunaan QRIS semakin masif, sehingga semakin banyak masyarakat Indonesia yang bertransaksi nontunai.

“Kami ingin semakin banyak orang yang menggunakan QRIS ini,” ujar Perry di Kompleks Gedung BI, Jakarta, Sabtu (17/8).

Lebih lanjut ia mengatakan pengenaan biaya transaksi sebesar 0,7 persen akan berlaku bagi transaksi on us dan off us. On us merupakan transaksi yang dilakukan pembeli dengan sumber dana dari dompet digital A di mesin EDC A.

Sementara off us merupakan skema transaksi yang dilakukan pembeli dengan sumber dana dari dompet digital A di mesin EDC B. Misalnya, pembeli menggunakan dompet digital dari BCA, namun membayarnya di mesin EDC Bank Mandiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *